Artikel


Metode belajar yang baik dan efektif


Berikut ini 5 teknik belajar efektif menurut dua profesor dari Washington University di St. Louis bernama Henry Roediger dan Mark McDaniel serta seorang penulis bernama Peter Brown, seperti dikutip oleh huffingtonpost.com

1. Buatlah soal sendiri
Sesudah mempelajari sesuatu, buatlah soal dari pelajaran tersebut. Ini jauh lebih efektif daripada Anda membolak-balik atau mengulangi pelajaran tersebut.

2. Belajar dua hal berbeda dalam satu hari.
Misalnya saja ketika Anda akan menghadapai pelajara Matematika dan Bahasa Inggris dan waktu yang tersisa cuma tiga hari, maka pelajari keduanya dalam satu hari. Jadi dalam satu hari Anda harus mempelajari Matematika dan Bahasa Inggris. Bukan satu hari Matematika dan satu hari lagi Bahasa Inggris.
Tentunya ini bisa saja berubah pada beberapa orang, tergantung pola belajar, tapi tidak ada salahnya Anda mencoba metode ini, siapa tahu ini berhasil pada Anda.

3. Istirahatlah setelah belajar.
Otak ternyata butuh waktu untuk mengolah semua hal baru yang kita pelajari. Jadi sempatkan untuk istirahat -terutama tidur- setelah Anda belajar

4. Berilah jeda waktu
Apakah Anda mudah lupa mengenai pelajaran? Bisa jadi karena Anda mempelajari banyak hal dalam satu waktu. Berilah jeda waktu agar pelajaran tersebut lebih awet dalam ingatan Anda.

5. Bukan dipelajari, tapi dipraktikkan
Anda tidak perlu membaca pelajaran yang sama berulang-ulang. Lebih baik Anda belajar dengan cara mempraktekannya. Latihlah diri Anda dan otak Anda untuk segera mempraktikkan informasi baru, bisa dengan mengerjakan soal-soalnya atau mempraktikkan hal baru yang didapat.
Ketika mempraktikkan sesuatu, otak kita akan berlatih untuk mengingat hal tersebut dan mendapatkan kembali informasi yang pernah didapat.


Pengirim : agung wibowo
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :

Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas

Komentar :


   Kembali ke Atas